Cara Perbaiki Paper Jam Printer Epson L3150

Perbaiki Paper Jam Printer Epson L3150 - Printer Epson L3150 merupakan produk Epson terbaru seri ECO Tank. Printer Epson ini menggunakan kartrid inkjet yang berisi tinta berkualitas tinggi untuk cetakan berkualitas tinggi pula. Tipe printer Epson terdiri dari printer Stylus dasar, Color Stylus, dan Stylus Photo. Printer Epson L3150 terkadang mengalami masalah, pada printer Epson menunjukkan indikator kertas macet atau paper jam sehingga printer tak meneruskan pencetakan. 

Printer Epson L3150 yang mengalami kertas macet mengakibatkan printer tak meneruskan pencetakan atau terkenti.  Setelah dicek ternyata tidak ada kertas yang macet atau tersangkut. untuk mengatasi kertas macet pada epson L3150 silahkan ikuti langkah-langkah cara mengatasi printer Epson L3150 yang mengalami "paperjam" yang nigoko bahas selanjutnya. 

Nigoko menulis ini dari pegalaman teknis teknisi sebuah instansi pemerintah yang yang menangani permasalahan ini. Denga pengalaman penulis ini akan saya share kepada sobat nigoko semua agar bisa mengatasi permasalahan peper jam printer L3150 sendiri dirumah tanpa harus ke servis printer. 

Cara" perbaiki paper jam" printer Epson L3150 ada beberapa cara, bagaimana cara mengatasi masalah paper jam pada printer epson L3110. Namun sebelum ke pembahasan mari kita bahas dulu penyebab kertas nyangkut atau paper jam. tergantung kerusakan terjadi pada bagian mana dahulu, berikut kami sampaikan kerusakan serta cara mengatasi kerusakan printer epson L3150 sebagai berikut.

Cara Mengatasi Paper Jam Printer Epson L3150

Jalur Kertas Tertutupi Benda

Paper Jam bisa terjadi karena printer kemasukan benda seperti bolpoint, pensil, steples, uang coin , trigonl klip dan benda kecil lainya dengan ukuran kecil 2 mm. 
  • Solusinya : bongkar printer terlebih dahulu, cek apakah ada benda-benda yang mengganggu jalur kertas. jika ada silahkan ambil dengan tangan atau pinset. 

ASF Roller Penarik Kertas Aus Pada Karetnya

Karet pada ASF Aus terjadi karena pemakaian printer sudah lama dengan penggunaan tanpa henti printer dengan jumlah cetak 4 rim (2000 lembar). 
  • Solusinya : Ganti ASF roller yang baru, bisa beli da ganti sendiri atau di bawa ke servis printer terdekat.

ASF Roller Kertas Patah. 

Kerusakan ini terjadi dimana terkuncinya motor penggerak kertas,  pergerakan motor penggulung kertas (paper feed) ini akan mengakibatkan general error paper jam. 
  • Solusinya : Ganti ASF roller yang baru, bisa beli da ganti sendiri atau di bawa ke servis printer terdekat.

Gigi gear ASF Roller rusak atau patah pada beberapa giginya, 

Kerusakan seperti terjadi kesalahan pemakian dan pemakian printer yang sangat banyak untuk mencetak. Salah satu kesalahan pemakian adalah menarik kertas keatas dengan keras dan kuat, ketika printer gagal menarik kertas, yang benar adalah menarik kertas kebawah (dari depan printer). Jikas ingin menarik kertas keatas lakukanlah dengan pelan-pelan dan hati-hati. 
  • Solusinya : Ganti gigi gear ASF yang baru yang sesuai serinya Epson L3150.

Jika setelah dicek seperti diatas ternyata kondisi masih bagus partnya, namun masih terjadi paper jam pada epson l3150, maka ada 3 unsur kerusakan yang harus sobat cermati yang bisa mengakibatkan paper jam meskipun jarang terjadi.   :

  1. Motor penggulung kertas (PF Paper Feed) rusak
  2. Sensor kertas rusak pada bagian mainboard
  3. Mainboard rusak, biasanya kasus paper jam yang diakibatkan oleh mainboard yang rusak akan cukup sulit dilakukan perbaikan/servis. Solusi terahir adalah ganti mainboard baru.

Demikian Cara Mengatasi Paper Jam Printer Epson L3150 yang dapat nigoko sampaikan, kasus diatas merupakan kasus yang paling umum terjadi apabila terjadi Paper Jam Printer Epson L3150.  Bagikan informasi tentang Cara Mengatasi Paper Jam Printer Epson  L3150 yang nigoko paparkan kepada sobat semua. 

Tag :  Printer, Paper Jam, Epson L3150