Tips dan Cara Mematikan Printer yang Baik dan Benar Melalui Perangkat Komputer

Mematikan Printer yang Baik dan Benar -Mungkin selama ini untuk mematikan hanya dengan menekan tombol power yang sudah terdapat di setiap jenis printer. Tidak salah memang, namun hal tersebut dapat mengakibatkan rusaknya tombol power pada printer karena tombol sering dipakai secara terus menerus. Untuk menghindari kerusakan printer sebaiknya Anda harus mematikan printer dengan baik dan benar.

Sebagian besar dalam mematikan printar lebih mengutamakan tombol power pada printer untuk hanya dipakai dalam menyalakan printer saja. Adapun untuk cara mematikan printer sendiri, saya terbiasa melakukannya melalui komputer atau laptop. Dan tentu untuk sanggup mematikan printer pada komputer tersebut, Anda harus sudah memasang aplikasi driver sesuai jenis dan brand printer yang Anda miliki.

Tidak hanya sekedar mematikan printer, dengan memasang aplikasi driver di laptop juga Anda akan mendapati banyak sekali cara untuk perawatan yang sangat banyak melalui tool aplikasi printer. Usahakan Instal driver printer secara full agar mendapat tool-tool yang banyak untuk cara perawatan printer yang benar. Seperti contohnya membersihkan (cleaning) kepala cartridge, mengecek isu tinta, quiet mode, dan lain sebagainya.

Software driver printer biasanya telah disertakan di dalam keping DVD saat Anda membeli printer baru, sehingga Anda tak usah repot-repot mendownloadnya lagi di internet. Atau bisa anda download sendiri dengan mengunjungi situs web resmi dari brand printer masing-masing untuk mendownload driver sesuai dengan tipe printer yang Anda miliki baik Canon, Epson, HP, Brother.

Sesuaikan dengan Sistem Operasi komputer atau laptop anda dalam mendownload driver printer. Untuk download driver printer di internet perhatikan dan menentukan driver yang requirement system (persyaratan sistem)nya sesuai dengan jenis Windows yang Anda pakai. Karena driver untuk cara mematikan printer di Windows 8, belum tentu sanggup dipasang pada Windows 10, begitu pun sebaliknya.

Untuk mengikuti tutorial cara mematikan printer yang benar, saya anggap Anda telah mempunyai dan memasang aplikasi driver di komputer Anda. Untuk mempermudah, saya akan memperlihatkan gambar screenshot saat saya mempraktikkan cara mematikan printer canon pixma mp258. Adapun untuk tipe dan brand printer yang lainnya menyerupai printer HP 2135, Epson L120, dan yang lainnya. Tutorialnya pada tiap jenis printer hampir sama sesuai contohkan berikut ini.

Cara Mematikan Printer Melalui Komputer

  • Pertama, pastikan printer telah dalam keadaan membisu sesudah digunakan. Karena untuk printer Canon sendiri, sesudah selesai mencetak, beliau akan melaksanakan suatu proses yang saya sendiri belum tahu dinamakan apa proses tersebut. Yang penting, selalu pastikan printer dalam keadaan stand by saat akan dimatikan. Pastikan juga kabel USB printer masih terhubung dengan komputer.
  • Pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Devices and Printers, klik kanan pada printer Anda kemudian pilih Printer Properties. Anda juga sanggup klik Create Shortcut semoga konfigurasi printer Anda sanggup tampil di desktop, sehingga dengan begitu Anda tidak perlu pergi ke Devices and Printers lagi untuk mematikan atau merawat printer.
Mematikan Printer yang Baik dan Benar
  • Setelah pengaturan Printer Properties terbuka, pilih hidangan Maintenance, maka Anda akan mendapati banyak sekali hidangan untuk mengatur atau merawat printer yang Anda miliki sebagaimana yang saya singgung di atas. Untuk mematikan printer, pilih dan klik hidangan Power Off.
Mematikan Printer yang Baik dan Benar

  • Klik OK untuk mengijinkan komputer melaksanakan perintah kepada printer semoga mematikan sistemnya. Dengan begitu, printer Anda akan mati dengan sendirinya tanpa harus Anda menekan tombol power terlebih dahulu.
Mematikan Printer yang Baik dan Benar

Cara mematikan printer yang benar tanpa menekan tombol power ialah melalui komputer yang telah terinstal aplikasi driver printer di dalamnya. Anda harus buka setelan Devices and Printers di Control Panel pada Windows, klik kanan pada printer dan pilih Printer Properties, maka akan mendapati tool Power Off untuk mematikan printer.

Demikain artikel tentang bagaimana cara mematikan printer yang benar melalui komputer. Sekarang, biasakanlah memakai cara tersebut semoga tombol power pada printer Anda sanggup tercegah dari kerusakan. Semoga bermanfaat dan Terima kasih 

Sumber : cara mematikan printer yang baik dan benar