Cara Mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) Dan Cek NISN Secara Online

Bagaimana cara mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) sekaligus cek kebenaran NISN ku secara online di internet? Bagi Anda yang sedang membutuhkan panduan tersebut, sangat sempurna sekali Anda mengunjungi artikel kali ini alasannya saya akan membahas langkah-langkahnya lengkap dengan gambar semoga gampang untuk Anda ikuti.


Sebelum ke tutorial cara mencari NISN, sudahkah Anda tahu apa itu NISN serta apa tujuan dan manfaat memilikinya? Jika belum, ijinkan saya untuk membahas kedua hal tersebut terlebih dahulu. NISN (singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan nomor tanda pengenal identitas siswa yang dimiliki oleh setiap akseptor didik untuk membedakannya dengan akseptor didik lain di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Layanan yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) ini mempunyai sifat yang unik, standar, dan berlaku sepanjang masa. Selain sebagai pembeda identitas antar pelajar di seluruh Indonesia, NISN juga mempunyai beberapa tujuan dan manfaat yang lain, menyerupai yang dijelaskan pada website Kemdikbud berikut ini:
  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai sentra layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah sampai Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung agenda Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan agenda pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten sampai sekolah, menyerupai Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN, dan lain-lain.

Itulah bahasan singkat mengenai apa itu NISN beserta tujuan dan manfaat yang dimilikinya. Kembali ke inti pembahasan, berikut ini langkah-langkah cara mencari NISN siswa dengan gampang di internet.

Cara Mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

Setiap siswa yang mulai bersekolah niscaya akan mendapat nomor NISN bahkan di jenjang pendidikan yang paling rendah menyerupai PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan Taman Kanak-kanak (Taman Kanak-Kanak). NISN ini berlaku sepanjang masa dan tidak akan berubah jikalau akseptor didik beranjak ke jenjang yang lebih tinggi, bahkan jikalau sudah lulus, kuliah, maupun tidak bersekolah lagi.

Untuk itu, cara mencari NISN siswa MI/SD, SMP/MTs, maupun SMA/SMK/MA langkah-langkahnya sama saja dan tidak akan mungkin hasil yang didapatkan berbeda semenjak pertama bersekolah. Cara gampang mencari NISN secara online di internet sanggup dengan mengunjungi situs website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tepatnya pada halaman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

Setelah halaman tersebut Anda akses, Anda sanggup mengecek kebenaran NISN atau cek NISN ku dengan cara mengetik NISN pada kotak yang disedikan, maupun mencari NISN menurut nama dan kawasan tanggal lahir.

Mencari NISN Berdasarkan Nama dan Tempat Tanggal Lahir

Akses halaman situs Kemendikbud melalui URL yang saya berikan di atas, pilih tab Pencarian Berdasarkan Nama.

 sekaligus cek kebenaran NISN ku secara online di internet Cara Mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan Cek NISN Ku Secara Online

Isilah nama siswa, kawasan lahir, tanggal lahir, dan nama ibu, kemudian klik tombol Cari. Anda tidak akan mendapat NISN Anda jikalau cara mencari NISN siswa tanpa nama ibu.

 sekaligus cek kebenaran NISN ku secara online di internet Cara Mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan Cek NISN Ku Secara Online

Tunggu beberapa ketika sampai hasil pencarian NISN menurut nama dan kawasan tanggal lahir berhasil ditampilkan.

Mengecek Kebenaran NISN Ku

Setelah halaman situs NISN Kemdikbud terbuka, pilih tab Pencarian Berdasarkan NISN, masukkan nomor NISN siswa dan nama ibu kandung Anda, kemudian klik tombol Cari.

 sekaligus cek kebenaran NISN ku secara online di internet Cara Mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan Cek NISN Ku Secara Online

Jika nomor NISN Anda benar, maka semua gosip siswa hasil pencarian NISN mulai dari nama, jenis kelamin, sampai kawasan dan tanggal lahir akan muncul dengan keterangan bahwa data tersebut telah tercatat di arsip.

 sekaligus cek kebenaran NISN ku secara online di internet Cara Mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan Cek NISN Ku Secara Online

Jika NISN tidak ditemukan, sanggup jadi Anda keliru mengetikkan nomor NISN atau mungkin pihak sekolah belum mendaftarkan diri Anda untuk mendapat nomor NISN.

Untuk cara mencari NISN yang tidak ditemukan tersebut, Anda sanggup memperoleh panduannya melalui sajian FAQ (Frequently Asked Questions) NISN pada situs Kemdikbud.

Itulah tadi tutorial serta langkah-langkah untuk cara mencari NISN siswa sekaligus mengecek kebenaran NISN ku. Semoga bermanfaat dan semoga Anda sanggup menemukan nomor NISN Anda tanpa ada hambatan apa pun. Sekian dan terima kasih.