9 Cara Mempercepat Kinerja Android Yang Lemot

Sekarang kebutuhan terhadap smartphone tidak sanggup dipungkiri lagi, banyak sekali kalangan masyarakat kini sudah sangat penting harus mempunyai sebuah smartphone. Dikarenakan tidak hanya dipakai untuk telepon dan komunikasi, smartphone juga mempunyai kelebihan lainnya menyerupai berfoto, menonton video, internet, bermain game, dan juga sanggup dipakai untuk berbisnis.

Akan tetapi, dengan kelebihan tersebut tidak semua smartphone kau bekerja dengan stabil makin usang kau pakai maka makin turun kinerja sebuah smartphone. terkadang juga banyak pengguna yang mengalami banyak sekali problem menyerupai kinerjanya makin lambat, lemot, hang, aplikasi force close (ditutup sendiri).

Perangkat elektronik merupakan perangkat yang cukup rentan mengalami kerusakan. Kerusakan ini bisa saja disebabkan oleh faktor usia (masa pakai komponen), maupun juga faktor dari luar, seperti guncangan keras, tetesan air, dan juga tekanan. Terlebih lagi pada perangkat yang menggunakan sistem operasi di dalamnya. Perangkat dengan sistem, seperti ponsel, rawan mengalami penurunan kinerja, yang dapat menyebabkan perangkat tersebut beroperasi dengan sangat lambat, atau bahasa kasarnya “lemot”.

Setiap Handphone dibekali hardware dan system android yang disesuaikan agar performanya stabil. Pertama kita memakai Hanphone android yang masih fresh atau baru membuka dari kardus tentunya terasa begitu nyaman digunakan dan cepat. Nigoko kalik ini akan memperlihatkan beberapa tips dan trik bagaimana cara mempercepat kinerja smartphone kau yang mempunyai kapasitas kecil tanpa memakai aplikasi pendukung dan memakai aplikasi terbaik yang mungkin perlu susukan root.

9 Cara Mempercepat Kinerja Android Yang Lemot

1. Delete Aplikasi yang Tidak Penting

Salah satu cara untuk mempercepat kinerja smartphone kau yaitu dengan cara menghapus aplikasi yang dikamu butuhkan.dibeberapa smartphone mungkin dikala pertama kau pakai niscaya sudah ada aplikasi yang terinstall. Namun beberapa aplikasi tersebut sangat jarang dipakai mungkin kau tidak pernah pakai sekalipun. untuk itu kau sanggup menghapus aplikasi tersebut dengan cara :

- Buka Menu Setting/pengaturan di smartphone kamu
- Pilih APPS Manager/Pengelolaan aplikasi
- Pilih aplikasi yang ingin kau hapus
- Pilih delete/uninstall
- Selesai

2. Menonaktifkan atau Disable Aplikasi yang Tidak Bisa Kamu Hapus 

Tidak semua aplikasi yang sudah terpasang dismartphone kau sanggup kau hapus, ada beberapa aplikasi mungkin tidak sanggup kau hapus. contohnya apps google drive, maps, youtube, google photos, dan lain lain. Nah, untuk solusi kalau kau tidak sanggup menghapus aplikasi yang tidak kau pakai kau sanggup menonaktifkannya atau Disable aplikasi dengan cara :

- Buka Menu Setting/pengaturan di smartphone kamu
- Pilih Apps Manager/Pengelolaan aplikasi
- Pilih aplikasi yang ingin kau nonaktifkan/disable
- klik pada kafe nonaktifkan/disable
- Selesai.

3. Optimalkan Kinerja RAM

RAM yaitu salah satu yang terpenting dalam kinerja sebuah smartphone, kalau RAM kau kecil kemungkinan besar smartphone kau makin lemot. Aplikasi yang paling banyak mengkonsumsi RAM yaitu Facebook, Instagram, dan aplikasi yang terus berjalan dalam keadaan sleep. Nah, cara untuk mengatasi itu yaitu dengan cara mematikan kinerjanya.

- Buka Menu Setting/Pengaturan
- Klik pada Apps > Running
- Nonaktifkan aplikasi yang banyak mengkomsumsi kinerja RAM
- Selesai

4. Bersihkan Selalu Cache

Selain berfungsi untuk mengosongkan ruang penyimpanan smartphone kamu, dengan menghapus data cache akan memperlihatkan peningkatan kinerja pada smartphone kamu. cara membersihkan cache :

- Cari Apps Security/Pengamanan di Menu Utama
- Klik pada ikon Sampah Cleaner
- Tunggu hingga selesai.

5. Hapus File yang tidak Penting

Salah satu penyebab terjadinya smartphone kau hang atau tidak merespon lagi biasanya dikarenakan ruang penyimpanan internal penuh. sehingga smartphone kau tidak sanggup meresponnya lagi. solusinya yaitu dengan cara menghapus file yang tidak penting atau kau juga sanggup pindahkan ke penyimpanan eksternal atau ke komputer/laptop kamu.

6. Selalu Update Software 

Setiap kau mempunyai pemberitahuan update software, segera lakukan update. dikerenakan hal ini bertujuan untuk segera memperbaiki problem system atau bug yang ada pada sistem sebelumnya. dengan smartphone kau selalu update kau sanggup pengalaman interface yang semakin beda dari sebelumnya. Meskipun, ada beberapa smartphone kalau di update makin memburuk, tetapi pihak developer tidak membisu saja mereka niscaya akan mencari cara supaya sistem software yang sudah kau update tetap berjalan lancar.

7. Kurangi Penggunaan Widget

Walaupun dengan kau memakai widget menciptakan smartphone kau lebih menarik. tetapi itu akan mensugesti kinerja smartphone kau dikarenakan widget mengkonsumsi RAM. Nah, kalau kau tidak ingin menciptakan smartphone kau lelet hindari untuk tidak terlalu banyak memakai widget.

8. Jangan Menggunakan Animasi di Smartphone Kamu

Animasi yaitu salah satu aplikasi yang mengkonsumsi RAM secara membisu diam. Jika kau sudah terlanjur menggunakannya, caranya untuk mengurangi dan mematikan animasi di smartphone kau cek dipengaturan pilih display.

9. Lakukan Factory Reset

Cara terakhir untuk mempercepat kembali kinerja smartphone kau yaitu dengan cara factory reset, cara satu ini sangat ampuh tetapi data dan aplikasi kau akan terhapus semua menyerupai dikala kau membeli smartphone pertama kali. Hal ini bertujuan untuk membersihkan semua yang bertumpuk pada smartphone kamu, kau sanggup melaksanakan factory reset dengan cara klik pada sajian Settings/Pengaturan - Backup dan Reset -  Factory data Reset.

Demikian artikel nigoko tentang tips dan cara  mempercepat kinerja smartphone kau yang lemot mungkin karena mempunyai kapasitas RAM yang kecil, Semoga bermanfaat bagi anda semua. Walaupun sudah melaksanakan tips dan trik diatas kalau masih lelet mungkin smartphone anda sudah mengalami kerusahkan hardware dan kinerjanya menurun. terimakasih