Touchscreen Xiaomi Kurang Sensitif, Ini Cara Setting Layar Sentuh Xiaomi Yang Kurang Sensitif

Sekarang banyak pengguna smartphone xiaomi yang kurang nyaman akan layar sentuhnya dikarenakan kurang senditif saat touchscreen kita gunakan. Sebenarnya masalah touchscreen ini di  ponsel android xiaomi juga sering terjadi pada Smartphone android lain,


Layar sentuh merupakan bagian yang paling riskan, karena akan bepengaruh pada ponsel tertentu di khalayak umum. Smartphone mengalami eror pada layar sentuh, misalnya touchscreen tidak merespon, layar sentuh terlalu sensitif, bahkan sampai terjadi masalah layar sentuh bergerak sendiri (loncat - loncat)

Masalah Sensitifitas layar sentuh mugkin terjadi karena kesalahan dalam memasang ataun memberi Screen Guard / Screen. Touchscreen xiaomi kurang sensitif setelah kita pasang screen guard tersebut berpengaruh terhadap sensitivitas sensor proximiti yang ada didekat speaker depan hp android xiaomi yang tertutup oleh Screen Guard yang dipasang.

Berikut merupakan sebab Smartphone Xiaomi kita tidak Sensitif :
  • Touchscreen Smartphone Xiaomi error karena pernah jatuh atau terbentur.
  • Touchscreen Smartphone Xiaomi kurang sensitif karena arus listrik berlebih dari charger yang bukan bawaan Xiaomi.
  • Touchscreen Smartphone xiaomi terlalu sensitif karena terlalu banyak animasi diaktifkan.
  • Touchscreen Smartphone Xiaomi error karena kena air atau lembab.
  • Touchscreen Smartphone Xiaomi error sering kita saku dan banyak terkena tekanan pada layar.
Namun apabila bener-benar layar sentuh tidak berfungsi maka jalan terakir adalah dengan kita mengganti Touch Screen/ layar Sentuh hp xiaomi. namun jangan buru-buru kita ke servis untuk ganti kita coba tips membuat hp Xiaomi menjadi sensitif lagi.

Tips Mengatasi Layar Sentuh HP Xiaomi Yang Kurang Sensitif


1. Gunakan Charger Bawaan Ponsel 

Gunakan selalu carger bawaan dari Xiaomi karena apabila beda carger maka arus yang masuk akan beda voltase dan Ampernya selain mengurangi sensitifitas juga akan membuat batarai cepat rusak. 

2. Minimalkan Skala Animasi di Layar

Skala Animasi di Layar yang tinggi dapat membuat lonjakan arus yang tidak setabil yang dapat menyebabkan layar smartphone loncat-loncat , maka kita sebaiknya mengurangi skala animasi di smartphone kita.

3. Cek dan Cermati Kondisi Touchscreen

Kita cek dan perhatikan kondisi layar pada ponsel kita dulu apakah retak, retak kecil atau pecah, apabila tidak ada kondisi tersebut bisa kita lakikan seting layar sentuhnya.

3. Kita Coba Mengkalibrasi Layar Smartphone Kita.

Setelah kita cek dan periksa dan kondisi layar sentuh masih oke dan Smartphon kita masih mengalami eror pada layar sentuh yang terlalu sensitif atau touchscreen atau tidak merespon, coba  kita lakikan setting sensitif touchscreen melalui menu pengaturan di Smartphone Android kita. untuk tutorial utorial / langkah-langkah Melakukan kalibrasi layar sentuh dapat kita baca di bawah ini.

4. Copot dan Lepaskan Saja Tempered Glass

Tempered Glass berfungsi menghindari retak ataupun pecah pada lcd smartphone, namun tempered glass mempunyai kelamahan mengurangi sensitivitas layar sentuh HP kita. Apabila touchscreen hp android mulai tidak merespon sebaaiknya kita lepas Tempered Glass-nya.

Tutorial / langkah-langkah Melakukan kalibrasi layar sentuh sebagai berikut: 

  • Masuk pada menu pengaturan
  • Pilih menu kalibrasi
  • Setelah itu layar akan menjadi blank putih
  • Tunggu hingga beberapa saat sampai muncul pesan 
  • Kemudian klik salah satu layar untuk melakukan kalibirasi.
  • Kemudian klik pada titik kalibrasi 
  • Kemudian akan ada petunjuk untuk menyentuh layarnya 
  • Ikuti saja petunjuk tersebut sampai proses kalibrasi tersebut selesai.
Namun apabila langkah tersebut smartphon kita masih rusak atau erorr pada touchscreen atau layar sentunya, maka jalan terakhir kita ganti touchscreen nya bisa kita ganti sendiri apa kita bawa ke servise. semoga artikel bermanfaat terimakasih....