Android 9.0 Telah Rilis Dinamai Android Pie, ini Fitur Terbarunya Android Pie

Update Android Pie, ponsel anda, Setelah "Android OREO" rilis, kali ini Google mengumumkan sistem operasi terbaru yaitu Android P terbaru dengan simbul huurf  "P"dengan nama panjangnya Android Pie. 

Google Resmikan Android 9 Pie, Tiap vendor akan membuat cara update "android pie" tersendiri jadi jangan khawatir akan tutorialnya.


Android Pie 

"Android Pie" merupakan sistem operasi ke 9, sistem operasi terbaru dari android ini telah tersedia lewat update  over-the-air untuk perngkat seri pixel buatan google.

Vendor ponsel juga rilis seperti Max pro M1 pie, android pie xiaomi  dan android pie mi a1. tunggu saja update dari vendor masing masing untuk mendapatkan android pie terbaru

Dengan rilisnya Android Pie banyak vendor smartphone akan merilis di produk mereka diantaranya Sony, Xiaomi, Nokia, Oppo, OnePlus dan vendor ternama yaitu Samsung

Dengan sistem operasi terbaru Android 9 ini tentunya ada keistimewaan fitur dibanding versi 8 atau Oreo. untuk fitur terbarunya kita simak ulasan berikut tentang fitur terbaik dari Android 9.0 (Android Pie)

Fitur Terbaik dan Terbarunya dari Android Pie:

Kelebihan Android Pie sebagai berikut: 

1. Fitur Smart Reply dari Notifikasi

Pada fitur ini terdapat perbedaan dengan tampilan membulat di antar muka grafis Android Pie terdapat juga di quick setting dan Try Notofikasi. Tema Visualnya ditambahlkan white space dan sudut membulat

Pada notofikasinya menampilkan konten berbentuk gambar dari aplikasi pesan instan, opsi untuk langsung membalas percakapan, keran kan..

2. Fitur Mode Gelap

Pada Android Pie ini ditambahkan tampilan antarmuka berwarna gelap dan lebih enak di mata daripada fitur putihnya. cara mengkatifkanya yaitu di menu setting kemudian device thema, lalu ada tiga opsi yaitu (otomatis, terang dan gelap) cukup mudahkan.


Mode Gelap

3. Fitur Simulasi "poni"

Ada sebagian smartphone terdapat kekurangan di fitur ini turutama saat kita main game yaitu "notch"atau poni dibagian atas sebagai tempat kamera depan dan earpiace dan layar semakin dilebarkan dengan bingkai semakin tipis

Android Pie Menyediakan fasikitas simulasi notch untuk developer agar bisa melihat tampilan di smartphone berponi.Caranya aktifkan Developer Mode, lalu mengaktifkan opsi “Simulate a display with a cutout” di bagian Drawing.mudah kan gayss..

4. Fitur Editing screenshot

Editing screenshot

Android Pie ini diupdate pada pengambilan screenshot dengan menahan tombol power dan volume down secara bersamaaandan Android Pie akan menampilkan tombol “Edit” di preview screensot, untuk setting Screenshot antara lain crop, highlight, dan menggambar.

5. Fitur Digital wellbeing

Fitur ini tidak terdapat secara default di Android Pie, tapi bisa didapatkan lewat keikutsertaan dalam program beta, dengan syarat pengguna memiliki perangkat seri Pixel.


Digital wellbeing

Digital wellbeing bertujuan mengurangi pemakaian ponsel oleh pengguna, lewat sebuah dashboard khusus yang menampilkan fitur-fitur pendukung. Ada “app timer” yang membatasi waktu berjalannya aplikasi, do not disturb, serta “wind down” yang otomatis mengaktifkan Night Light dan mengubah warna layar menjadi grayscale untuk mengingatkan pengguna agar segera tidur, apabila masih sibuk memandang layar ponsel di kasur.

6. Fitur Navigasi berbasis gestur

Pada Android Pie ini  menyediakan alternatif  yaitu navigasi berbasis gestur swiping.


Navigasi berbasis gestur

Caranya yaitu sapukan jari ke kanan untuk menjalankan fungsi “back”, ke kiri untuk berganti aplikasi yang terbuka, ke atas untuk melihat “recent apps” atau app drawer. Tombol elips kecil (on screen button) di tengah layar berfungsi layaknya tombol home fisik untuk membawa pengguna kembali ke layar home.


7. Fitur Kunci rotasi

Tombol khusus di atas layar perangkat Android Pie untuk mengunci orientasi layar. Sebagian pengguna Android mungkin sering terpaksa membolak-balik perangkatnya gara-gara tampilan mendadak layar berubah dari portrait atau sebaliknya, saat perangkat berganti orientasi.

Berbeda dari versi Android sebelumnya yang hanya menyediakan opsi “on” dan “off” untuk rotasi otomatis, Android Pie bisa mengunci tampilan dalam orientasi tertentu. Sebuah tombol khusus di pojok atas layar digunakan untuk mengaktifkan kunci rotasi ini

8. Fitur Lockdown 

Fitur Lockdown mematikan pemindai sidik jari dan meminta pengguna memasukkan PIN atau pattern untuk membuka kunci perangkat.


Lockdown 

Ada satu fitur sekuriti baru untuk keamanan ekstra yang diterapkan di Android Pie, yakni mode Lockdown yang akan mengunci perangkat, lalu menonaktifkan pemindai sidik jari dan voice unlock, serta tak menampilkan notifikasi di lock screen. Perangkat akan meminta kunci default seperti PIN atau pattern

Cara mengakifkannya adalah dengan membuka opsi Security and Location di menu Setting, kemduian Lock Screen Preference, dan aktifkan Show lockdown. Pilihan untuk melakukan Lockdown kemudian akan ditampilkan saat pengguna menekan tombol daya.

9. Fitur Adaptive battery Ilustrasi Adaptive Battery.

Fitur adaptive battery menggunaakan kecerdasan buatan (AI) untuk melacak pola penggunaaan aplikasi oleh pengguna, termasuk kapan saja waktu pemakaiannya. Aplikasi yang sering dipakai akan mendapat prioritas resource dan baterai untuk berjalan di background.


Adaptive battery Ilustrasi Adaptive Battery.

Tujuannya tak lain untuk meningkatkan efisiensi daya dan menghemat baterai. Untuk mempermudah pengguna dalam memantau, indikator daya baterai yang tersisa akan ditampilkan di bagian bawah ambient display (always on display), seperti yang sebelumnya sudah dilakukan oleh sebagian pabrikan Android di perangkatnya.

Semoga Bermanfaat