Cara Registrasi dan Aktivasi SiRekap Pilkada Beta 2020

Registrasi dan aktivasi Sirekap Pilkada 2020, untuk keperlua aktivasi ini secara resmi dari KPU menggunakan aplikasi Telegram. Telah diketahui banyak sekali informasi dari beberapa forum bahwa aktivasi sirekap selalu gagal. Oleh sebab itu, semoga apa yang nigoko sampaikan bahas kali ini bisa ikuti dengan tepat. 

Sobat harus benar-benar cermat membaca karena sampai detik ini aktivasi "Sirekap" gagal sangat banyak sekali. Sekarang saatnya saya memberikan cara registrasi dan cara aktivasi aplikasi sirekap atau e-rekap pilkada menggunakan sebuah bot dari telegram.

Seperti yang diketahui, aplikasi sirekap ini memerlukan beberapa langkah dan bantuan aplikasi lain untuk dapat menggunakannya secara maksimal. Pada artikel sebelumnya sudah saya sebutkan bahwa aplikasi sirekap akan digunakan bersamaan dengan apk OCR dan OMR. 

Selain itu, ada aplikasi telegram untuk registrasi ( daftar ) dan aktivasi ( mengaktifkan akun sirekap ) via bot telegram yang dibuat oleh KPU RI. Hal ini tentunya untuk meminimalisir kecurangan, karena sirekap resmi dijadikan aplikasi e-rekapitulasi untuk Pilkada 2020 nanti. e rekap pilkada 2020-e rekap pilkada beta 2020-aplikasi e rekap pilkada beta-aplikasi sirekap-aplikasi sirekap pilkada beta

Uma SiRekap Pilkada Beta 2020

Untuk registrasi sobat harus menyiapkan aplikasi telegram yang bisa di unduh melalui google play store. Aplikasi telegram ini akan digunakan untuk proses registrasi dan aktivasi sirekap apk yang akan di aktifasi di HP Smartphone sobat petugas TPS semua dengan registrasi yang berbeda-beda.

Harus diketahui bahwa Bot resmi yang bernama @sirekappilkada2020bot ini dirilis oleh KPU RI untuk keperluan aktivasi serta registrasi. Apabila telah melakukan proses tersebut, maka setiap petugas bisa menggunakan apk sirekap pilkada beta ini secara lancar.

Aplikasi SiRekap Pilkada Beta 2020 ini memang masih dalam tahap uji coba ( beta ) tetapi akan dipastikan bahwa aplikasi ini akan digunakan pada pilkada mendatang. Jadi, lebih baik persiapkan lebih dini agar tidak bingung pada saat memilih nantinya.

Pada artikel ini akan menjelaskan 2 langkah penting untuk menggunakan aplikasi sirekap dengan benar dan lancar yitu Cara Registrasi Sirekap Apk, dan Cara Aktivasi sirekap pilkada beta 2020.

Cara Registrasi SiRekap Yang Benar

Kebanyakan para petugas TPS mengalami kesalahan yang dilakukan pada saat registrasi sirekap atau mendaftarkannya. Nigoko akan memberikan cara untuk registrasi sirekap yang benar, langkah-langkah ini menggunakan bot telegram. Jadi pastikan telegram sudah terinstall pada hp android. Berikut ini cara registrasi sirekap yang benar :
  1. Jalankan apk telegram yang sudah terinstall.
  2. Lalu search bot @sirekappilkada2020bot.
  3. Kemudian ketuk start atau mulai.
  4. Lalu, ketik /Register (spasi) Kode Kelurahan (spasi) Nomor TPS (spasi) NIK (spasi) No.HP (spasi) Nama KPPS.
  5. Contohnya seperti ini, /Register 1405092004 03 1405090106970001 081372649374 ANDI GHALIB
  6. Tekan tombol kirim.
  7. Tunggulah hingga mendapatkan balasan dari bot telegram kpu sirekap pilkada.
Untuk kode kelurahan, apabila kamu tidak mengetahuinya. Maka download kode kelurahan pilkada 2020 yang telah informasi-teknologi berikan melalui link berikut > Kode Kelurahan Pilkada 2020. Dalam file berbentuk excel tersebut sudah komplit dari semua desa dan kelurahan di seluruh indonesia.

Cara Aktivasi Sirekap via Telegram Bot

Bagi yang ingin Aktivasi Sirekap via Telegram Bot, maka setelah melakukan registrasi, langkah selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah aktivasi. Aktivasi ini wajib dilakukan untuk dapat menggunakan aplikasi sirekap dengan lancar.
  1. Buka aplikasi telegram.
  2. Pada kolom pencarian, ketik @sirekappilkada2020bot.
  3. Lalu tekan /start.
  4. Kemudian ketik /Activation (spasi) NIK (spasi) Nomor HP lalu klik tombol kirim. Contohnya seperti ini /Activation 3311052999029004 085333014482.
  5. Tunggu hingga mendapatkan balasan sebuah link dari bot telegram sirekap pilkada ini.
  6. Klik link aktivasi yang telah diberikan bot, lalu anda akan menuju halaman aktivasi.
  7. Tekan tombol aktivasi pada halaman uma-sirekap.go.id dari link tadi.
  8. Berikutnya, masukkan password yang mudah diingat lalu tekan tombol Register.
  9. Setelah itu, klik tulisan Setup Kode Akses.
  10. Selanjutnya, di kolom kode akses tersebut, masukkan “nig235“.
Untuk proses pengisian password harus di perhatikan, yaitu harus mengetikkan kata sandi sesuai nama tps dan desa masing-masing. Misalnya saja seperti ini, desa Solo Raya TPS 07, maka kata sandi akan ditulis menjadi soloraya07 ( huruf kecil semua ).

Apabila kalian mengalami masalah link aktivasi sirekap sudah digunakan silahkan meghubungi forum pilkada apakah aplikasi nya yang ada masalah apa kesalahan penulisan, mungkin mereka juga akan membagikan solusi link aktivasi sirekap sudah digunakan atau pernah digunakan.

Kesimpulan

Aplikasi sirekap pilkada beta apk ini masih dalam tahap uji coba, namun akan dipastikan untuk digunakan pada pilkada 2020 mendatang. E-rekap pilkada 2020 bot ini juga mungkin kedepannya akan mengalami pengembangan yang dilakukan oleh KPU dan persetujuan Bawaslu.

Pastikan anda telah mengikuti tahap-tahap dalam menggunakan apk sirekap mulai dari cara download, registrasi, dan aktivasi yang benar. Seperti yang sudah saya tulis di atas, semoga bermanfaat.

CARA AKTIVASI SIREKAP APK PILKADA BETA CARA DOWLOAD APLIKASI SIREKAP PILKADA BETA APK 2020 CARA REGISTRASI SIREKAP PILKADA BETA APK E-REKAP PILKADA BETA LINK AKTIVASI E REKAP TIDAK DITEMUKAN LINK AKTIVASI SIREKAP SUDAH DIGUNAKAN LINK AKTIVASI SUDAH PERNAH DIGUNAKAN SIREKAP APK SIREKAP PILKADA BETA SIREKAP PILKADA BETA V1.8.2