Cara Mengatasi Masalah Baterai Laptop - Plugged In, Not Charging

Pernah mengalami duduk masalah '0% available (Plugged in, not Charging)? Bagaimana cara mengatasi baterai laptop yang plugged in not charging ini?? Saya langsung ketika goresan pena ini dibentuk sedang mengalaminya dan risikonya saya tidak sanggup charge laptop hahaha.... Karena itulah tutorial ini dibuat.

Makara duduk masalah ini terjadi tak terduga dan menimpa laptop Asus K43SD yang udah sekitar 3 tahunan menemani saya menangani pekerjaan-pekerjaan penting. Saya udah mencoba kiri kanan mencari cara untuk mengatasinya tetapi semuanya ga berhasil dan saya kebingungan apa yang mengakibatkan hal ini terjadi.

Sebelum duduk masalah ini muncul, laptop saya baik-baik saja sampai duduk masalah ini terjadi dan saya melihat goresan pena "plugged in, not charging" dari Windows 7.

Saya sempat resah alasannya khawatir harus membeli charger atau baterai baru, sementara saya lagi ga punya duit. Saya pun resah kenapa laptop tidak sanggup di cas padahal posisinya tercas.

Salah satu duduk masalah yang ditimbulkan dari masalah plugged in, not charging ini yaitu laptop hidup tapi gak sanggup charging. Nah, heran kan kok sanggup menyerupai ini, apa yang harus dilakukan?

Namun sesudah googling, saya pun menemukan bahwa ada banyak cara untuk mengatasi hal ini. Dan ini yaitu solusi yang saya gunakan untuk menghilangkan duduk masalah tersebut.

Cara Pertama Mengatasi Baterai Laptop "Plugged In, Not Charging"

  1. Lepaskan Charger dari laptop
  2. Shutdown
  3. Lepaskan baterai
  4. Pasang kembali charger
  5. Nyalakan laptop
  6. Pada Device Manager, Di bawah kategori Baterai, klik kanan semua Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery, dan klik Uninstall
  7. Shutdown
  8. Lepaskan charger
  9. Masukkan baterai
  10. Pasang charger
  11. Nyalakan laptop
  12. Sekarang coba perhatikan, pesan error 'Plugged in, not Charging' sudah hilang.

*Untuk Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery yang tadi Anda uninstall, tak perlu khawatir alasannya Windows akan secara otomatis kembali meng-instalnya sesudah laptop di-restart.

Cara Kedua Mengatasi Baterai Laptop "Plugged In, Not Charging"

  1. Hidupkan laptop
  2. Lepaskan colokan listrik dari laptop dan tiup beberapa kali pada ujung wadah yang  masuk ke dalam laptop
  3. Tiup beberapa kali ke dalam laptop kawasan tempat masuknya colokan kabel power
Demikian cara mengatasi plugged in not charging pada komputer/laptop Anda.Semoga berhasil. Tutorial di atas juga sanggup Anda gunakan untuk mengatasi penyebab baterai notebook tidak sanggup di-charge atau baterai laptop di-charge tapi daya tidak nambah.

Tak perlu khawatir berlebihan jikalau laptop HP Compaq, Toshiba, Acer, Asus, Lenovo, atau notebook Dell, Anda tidak bisa di cas atau tidak mengisi sama sekali. So, jangan terburu-buru untuk beli baterai baru karena agak mahal.

Namun, bagaimana jikalau cara ini tidak berhasil mengatasinya?? Ada kemungkinan bahwa baterai laptop telah rusak/mati. Dan ini sering terjadi jikalau charger digunakan secara terus-menerus tanpa melepaskan baterai. Solusinya adalah sengan membeli baru yang original.