9 Cara Menghemat Kuota Internet Di Ponsel Android

Setiap pengguna android pastinya tidak ingin kehabisan kuota internet, alasannya ialah tanpanya apalah arti smartphone sebagus apapun. Benar, bukan? Dengan koneksi internet pada ponsel pintar, kau sanggup saluran banyak sekali gosip penting yang disajikan oleh media online. Paling penting, kuota internet mempunyai kegunaan untuk berinteraksi lewat BBM, whatsapp, line, facebook, dan aplikasi chatting lainnya.


Dengan semakin banyaknya manfaat dan kelebihan yang ditawarkan jaringan internet memang kemudian banyak membuat banyak orang tertarik memanfaatkannya. Mulai dari mencari tugas sekolah, curhat di media sosial, hingga negblog dan berjualan via toko online merupakan beberapa aktivitas yang bisa dikerjakan dengan menggunakan jaringan internet.

Beragam kemudahan dan kecepatan ini akhirnya menjadikan internet banyak disukai penggunanya makin bertumbuh setiap tahunnya. Namun, dengan kekuatan teknologi yang hakiki sudah enggak perlu dikhawatirkan lagi soal kehabisan kuota. Itu karena telah banyak cara untuk menghemat paket data internet. Jadi kali ini Boombastis akan mengulas beberapa cara untuk hemat kuota internet kalian.

Masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna android ialah kuota internet cepat habis. Padahal kita merasa jarang browsing atau mengunduh file-file berukuran besar. Tentunya situasi ini bikin kau merasa sebel dan kesal. Jadi, pertanyaannya ialah bagaimana cara menghemat kuota internet? Tenang saja, pada kesempatan ini "nigoko" akan bagikan tips biar kuota data tidak boros

9 Cara Menghemat Kuota Internet di Ponsel Android

Maka dari itu untuk Anda yang akan merencanakan sering berselancar di dunia maya, Anda harus mengetahui beberapa trik dan tips untuk bisa menghemat kuota internet. Lalu seperti apakah tips ampuh untuk menghemat  kuota internet tersebut? Berikut Selain main game online dan streaming video yang menghabiskan kuota data dalam jumlah besar, ada beberapa tips untuk menghemat kuota internet menyerupai berikut ini:

1. Aktifkan notifikasi dari aplikasi yang sering dipakai saja

Dengan mematikan notifikasi dari aplikasi yang jarang digunakan, akan meminimalisir penggunaan kuota internet. Aktifkan notifikasi pada aplikasi yang penting saja. Caranya, pergi ke sajian pengaturan (setting) - kelola aplikasi (Manager Apps) - hilangkan tanda centang pada aplikasi yang akan dibentuk menjadi non aktif.

2. Gunakan satu aplikasi chatting

Mungkin kalau hanya satu aplikasi chatting, kurang seru. Tapi perlu kau ketahui bahwa pemasangan banyak aplikasi chatting tentu akan menyedot kuota data di android. Apakah kau sudah pasang BBM di smartphone? Jika iya, kenapa harus memasang Whatsapp, Line, dan lainnya? Padahal fitur di dalamnya tidak jauh berbeda, bukan? Tapi terserah kamu, bila tetap ingin memasangnya.

3. Pilih browser yang ekonomis data

Bagi kau yang selalu browsing di internet setiap saat, gunakan peramban yang dilengkapi dengan kompres data. Chrome memang peramban yang kaya fitur, tapi cobalah memakai Opera mini untuk lebih menghemat pemakaian kuota data.

4. Buat sinkronisasi menjadi tidak aktif

Berbagai layanan Google selalu meminta untuk melaksanakan sinkronisasi akun pengguna. Kamu sanggup mematikan sync layanan yang jarang digunakan, untuk menghemat kuota internet di ponsel pintar.

Non aktifkan juga sinkronisasi pada akun selain Google, bila kau tidak terlalu membutuhkannya. Langkahnya, buka sajian setting - account - kemudian pilih akun yang akan dibentuk sinkronisasi tidak aktif. Setting ini akan mencegah aplikasi terhubung ke jaringan internet secara otomatis.

5. Batasi pemakaian data

Seringkali acara memakai smartphone yang tersambung ke jaringan internet dilakukan dalam durasi lama. Kadang kau terlalu asyik browsing atau chatting tanpa ingat waktu. Tiba-tiba kuota data habis, padahal gres saja dibeli. Untuk membatasi penggunaan kuota internet, silahkan buka pengaturan (Setting) - penggunaan data (Data usage) - data seluler (Celular data) - atur data limit untuk memperlihatkan batas kuota yang sanggup digunakan.

6. Turunkan kualitas streaming

Jika kau sering memakai layanan streaming musik dan video menyerupai Netflix maupun Spotify, sebaiknya kurangi kualitas streaming biar kuota internet tidak cepat habis.

7. Uninstall aplikasi yang jarang digunakan

Periksa aplikasi yang boros kuota. Caranya, masuk ke sajian setting - penggunaan data - kemudian lihat pada grafik, aplikasi manakah yang boros kuota data. Uninstall saja aplikasi tersebut, bila kau rasa tidak terlalu sering dalam menggunakannya.

8. Matikan Auto-Update pada Playstore

Fitur auto update secara default diatur dalam posisi aktif. Hal ini dipakai oleh Playstore untuk pembaruan versi game atau aplikasi yang terpasang di ponselmu. Untuk mematikan fitur ini, silahkan baca artikel sebelumnya: Cara Mematikan Auto Update Pada Android.

9. Matikan data seluler ketika tidur

Penggunaan kuota internet lebih ekonomis dengan mematikan data seluler menjelang tidur malam. Cara ini bisa menghemat kuota data sampai 20 persen. Caranya dengan buka opsi setting - penggunaan data - hapus centang pada data seluler. Kamu sanggup aktifkan kembali data seluler pada esok harinya.

Demikian artikel nigoko tentang 9 cara unttuk menghemat kuota internet pada android biar tidak cepat habis. Bagikan artikel ini dan semoga bermanfaat bagi pembaca dan selahkan bagikan kepada teman-teman anda, biar temanmu juga tidak boros dalam memakai kuota internet di ponselnya.Terimaksih