Generasi Intel Processor Generasi Pertama sampai Terbaru dan Keterangannya

Para Generasi Milenial Teknologi Informasi, Kalian pasti tau ya yang namanya prosesor, saat kita membeli komputer atau laptop maka akan ada spesifikasi yang namanya prosesor. Apa pengertian Prosesor ? Prosesor merupakan satu komponen yang paling utama dari rangkaian komputer sebagai inti dari komputer kompi tidak akan jalan alias tidak akan berguna karena prosesor adalah otak komputer


Prosesor Intel telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dari generasi awal sampai generasi saat ini. Perkembangan tersebut sesuai dengan perkembangan hardware juga. Personal Komputer dari dahulu sampai sekarang dibuat sesuai generasi-generasi CPU yang berbeda pula. Intel merupakan perusahaan Microchip terbesar, perusahaan yang membuat CPU dan menjadi pelopor diantara perusahaan microchip yang lain.

Terdapat Perbedaan Processor antar Generasi yaitu :
  1. Perbedaan Clock Speed
  2. Perbedaan Besar Canche Size.
  3. Banyaknya Core dalam suatu processor
  4. Processor Baru ( Generasi Ke 8 ) lebih sedikit mengkonsumsi Daya Listrik.
  5. Perbedaan pada banyaknya Bus system dan Bus Address.

Macam-Macam Generasi Processor Intel Processor Urutan Sebagai Berikut:

1. Generasi I ( Nehalem )

Nehalem ini adalah generasi pemula dari Intel Core I Series yang merupakan penggabungan komponen ke dalam chip prosesor Controller RAM DDR3 langsung dari prosesor, Menggunakan teknologi fabrikasi 45 nm. kebanyakan  kalian belum pernah memakai generasi yang pertama ini.

2. Generasi II ( Sandy Bridge )

Pada tahun 2011 diluncurkan generasi ke-II yaitu Intel Core yaitu Arsitektur Sandy Bridge. Teknologi Sandy BridgeSudah suport dengan teknik fabrikasi 32 nm dan salah satu fitur barunya adalah adanya vga di prosesor ini lebih efisien masalah penggunaan daya. Generasi Sandy Bridge ini kecepatanya semakin tinggi dibanding generasi pertama dan sampai sekarang masih banyak digunakan baik komputer ataupun laptop


3. Generasi III ( Ivy Bridge )

Ivy Bridge ini merupakan prosesor Generasi ke-3 dari Intel Core. Perubahan yang paling mencolok yaitu pada teknologi ini adalah penggunaan fabrikasi 22 nm sehingga efisiansi daya listrik jauh lebih besar dari yang sebelumnya. Pada Generasi ini telah ada fitur USB 3.0 dan PCI Express 3.0. Pada komputer Prosesor Ivy Bridge ini memakai motherboard LGA 1155. pada penggunaan fitur USB 3.0 belum berfungsi secara optimal karena keterbatasan dukungan chipset dari motherboardnya.

4. Generasi VI ( Haswell )

Pada tahun 2013 Intel mengeluarkan Prosesor Haswell yang merupakan procesor Intel generasi ke-IV. Perbedaanya terdapat internal VGA (GPU) lebih cepat karena Haswell mencapai clock speed di atas 3.4Ghz. Prosesor ini punya soket yang berbeda dari yang sebelunya untuk pengguna uinv Bridge apabila ingin upgrade spesifikasi dari harus membeli motherboard baru. Haswell memiliki internal grafik/VGA lebih baik dari generasi sebulumnya. Selain itu, arsitektur ini masih menggunakan fabrikasi 22 nm sama seperti Ivy Bridge .

5. Generasi V ( Broadwell )


Tahun 2014 Intel mengeluarkan generasi V yaitu prosesor Broadwell.  Broadwell merupakan generasi "Tick" dari Haswell, dimana memiliki fabrikasi 14 nm. Dengan mengecilnya “penampang” pada Intel generasi 5 ini,membuat konsumsi daya makin kecil. Namun memliki performa yang lebih baik 5-20% dari generasi sebelumnya. Sama dengan Haswell, Broadwell menggunakan socket LGA 1150 dan LGA 2011-v3.

6. Generasi VI ( Skylake )

Tahun 2015 Intel meluncurkan prosesor Core-i generasi ke-6 . arsitektur masih menggunakan Skylake teknologi fabrikasi 14 nm. Prosesor ini menggunakan teknologi "speed shift" penggunaan prosesor bekerja lebih cepat dan menghemat daya. Skylake menigkatkan performa hingga 50% dari generasi sebelumnya dan menghemat streaming video 4K. Skylake juga mendukung RAM dengan jenis DDR4 (frekuensi sampai 2133 MHz) dan juga DDR3 (frekuensi 1600 MHz). Yang lebih kerennya lagi baru-baru ini diluncurkan Intel Core i9 yang disematkan di arsitektur ini, Intel juga mengeluarkan Intel Core seri m (m3, m5, m7) untuk Skylake.

7. Generasi VII ( Kaby Lake)

Intel generasi ke-7 diluncurkan tahun 2016 yaitu Kaby Lake.  Kaby Lake menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm performanya meningkat hampir 12% jika dibandingkan dengan Skylake. Intel Core Generasi ke-7 ini memaksimalkan pada sistem multimedia dengan peningkatan grafis dalam bermain game populer, support menjalankan video 4K dengan lancar tanpa mengalami penurunan fps mampu bersaing dengan AMD prosesor.

8. Generasi VIII ( Coffee Lake )

Tahun 2017 intel luncurkan Prosesor Generasi 8 yaitu Coffee lake. Ini merupakan PAO (Process-Architecture-Optimization) dari Kaby Lake. Coffee Lake masih memakai teknologi fabrikasi 14 nm, sedangkan versi mobile sudah menggunakan fabrikasi 10 nm. Performa tentunya meningkat dibandingkan generasi pendahulunya. Jumlah core prosesor ini meningkat hingga enam inti dengan dukungan hyperthreading.

9. Generasi Selanjutnya ( Masih dalam Proses Pengembangan.)

Generasi terbaru ini masih dalam tahap pengembangan dan kita tunggu saja keistimewaan dari kenerasi ke-9. Menurut informasi dari Intel resmi bahwa akan menamai generasi ini dengan nama Canon Lake atau Ice Lake.

Sumber : Intel